Tuesday, September 28, 2010

Lagi - Lagi Malaysia Menjiplak Hak Cipta Indonesia

Misha Omar


Imaniar

Sudah lama lagu Semoga Abadi dinyanyikan penyanyi pop Malaysia, Misha Omar (28), namun penyanyi senior Imaniar (45) mengaku kaget saat menyaksikan lagu ciptaannya itu dibawakan orang lain.

Sebelum melihat sendiri video klip lagu itu, Imaniar mendapatkan kabar dari sejumlah rekan sesama penyanyi dan temannya di Negeri Jiran yang menyebut bahwa lagu itu sudah dibawakan oleh Misha sejak empat tahun lalu.

"Hal ini bikin saya syok dan kaget banget. Karena, selama ini saya memang tidak mengetahuinya. Saya hanya berpikir lagu ciptaan saya itu dalam posisi yang aman. Temyata malah sudah dijiplak dan dinyanyikan penyanyi lain, ujar Imaniar, saat ditemui di Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (21/9).

Menurut Imaniar, lagu berjudul Semoga Abadi yang beraliran RB tersebut dirilisnya di tahun 2000, dalam album dengan judul yang sama dengan lagunya. Dan, Imaniar pun menunjukkan kaset asli dari albumnya itu yang masih dimilikinya. Ia merasa dirinya sudah kecolongan. Namun, saat ini dia sedang menggalang du-kungan dan upaya mencari data dan keberadaan artis Malaysia Misha Omar.

Masalah kerugian uang, Imaniar mengaku belum secara lengkap menghitungnya. Namun, secara garis besar jika selama empat tahun lagunya dikomersialkan nilainya hampir mencapai Rp 1 miliar.

Kalau uang dari royalti itu kerugian materi yang dihitung ya, tapi yang paling menyakitkan adalah hasil karya seni yang dijiplak sedemikian rupa. Lagu saya yang dinyanyikan itu persis sekali dengan ritme dan nada saat saya nyanyikan itu. Bedanya suara saya saja digantikan dengan suara artis Malaysia tersebut dan cengkoknya kelihatan banget Melayunya. Bisa kok dilihat dan didengar dari situs youtube," tutur Imaniar.

Imaniar mendapatkan ban- tuan dari saudaranya yang 1 juga musisi, y.ytu Iwang Noor said, yang saat ini baru tiba di Malaysia untuk mencari bukti sebanyak-banyaknya. Termasuk mencari keberadaan artis Misha Omar dan menemui i pihak label yang B mengomersilkan H lagunya.

"Masalah ini L tidak akan saya B libatkan ke V urusan negara. I Karena, ini hasil I karya seni musik r secara personal. Namun, yang jelas saya akan terus cari dukungan, karena masalah seperti ini harus diselesaikan," ucap Imaniar.
◄ Newer Post Older Post ►